Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Nama Angkatan Di Pesantren Gontor

Daftar Isi [Tampil]
Nama Angkatan Di Gontor Sejak Terdahulu

Selayang Pandang

     Setiap tahunnya Pondok Modern Darussalam Gontor melahirkan ribuan alumni dari berbagai macam daerah bahkan sampai mancanegara, tahun 2021 ini baru saja terlahir generasi baru yang bernama Virtuous Generation setelah sebelumnya Prominent Generation.

Arti Nama Angkatan Di Pesantren Gontor
Arti Nama Angkatan Di Pesantren Gontor

     Tidak berbeda sama halnya ketika Orang tua memberikan anaknya sebuah nama, pelbagai inisiatif ide, kandungan arti, mencari nama yang sesuai dengan anaknya, entah di ambil dari bulan, keadaan, tempat, marga dan yang lain sebagainya.

     Dalam nama ada sebuah harapan dan doa dimana di semaikan motivasi dan cita-cita, nama angkatan pun tidak jauh demikian, Pondok atau Pimpinan pondok sama halnya Orang tua dalam memberikan nama, ikhtiar dalam memberi nama, karena di sana ada sebuah filosofi dan doa yang di harapkan.

     Gontor saat ini telah berumur 95 Tahun alhamdulillah, telah banyak generasi di lahirkan telah banyak pula harapan yang dulu di semaikan, kali ini kita akan merangkum apa saja nama angkatan sebelum-sebelumnya beserta maknanya sebelum Virtuous Generation lahir.

Berikut nama-nama berserta arti nama angkatan di Pesantren Gontor:

2023 CREDIBLE GENERATION 697

lambang angkatan gontor 2023 credible generation

  • Filosofi Lambang Angkatan Gontor 2023 Credible Generation

filosofi lambang angkatan gontor 2023 credible generation

filosofi-lambang-angkatan gontor 2023 credible generation

filosofi lambang angkatan gontor 2023 credible generation

  • Makna Nama Angkatan Gontor 2023

جيل الوفاء

    Arti credible generation yaitu generasi yang terpercaya dalam mengemban misi dan menanamkan nilai-nilai pondok/ serta kuat dalam membentengi mental-mental kemunafikan. serta Total dalam menjalankan tugas dan berpedoman kepada nilai-nilai keislaman yang pakem, solid dan universal

    Sebuah nama, sebuah doa. Bagaimana tidak bersyukur Bapak Pimpinan memberikan nama yang terbaik bagi Angkatan 2023. Generasi yang mampu mengemban Amanah, memperjuangkan umat secara totalitas, dengan berpedoman kepad nilai-nilai Islam yang solid, pakem, dan Universal.

  • Landasan Ayat Al-Qur'an

 اِنَّ اللّٰهَ يَأْمُرُكُمْ اَنْ تُؤَدُّوا الْاَمٰنٰتِ اِلٰٓى اَهْلِهَاۙ وَاِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ اَنْ تَحْكُمُوْا بِالْعَدْلِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ نِعِمَّا يَعِظُكُمْ بِهٖ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ سَمِيْعًاۢ بَصِيْرًا

Sungguh, Allah menyuruhmu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan apabila kamu menetapkan hukum di antara manusia hendaknya kamu menetapkannya dengan adil. Sungguh, Allah sebaik-baik yang memberi pengajaran kepadamu. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Melihat

2022 EXTRAORDINARY GENERATION 696

 الجيل المتميز 
lambang angkatan gontor 2022 extraordinary generation
lambang angkatan gontor 2022 extraordinary generation

  • Filosofi Lambang Angkatan Gontor 2022 Extraordinary Generation

filosofi lambang angkatan gontor 2022 extraordinary generation

Filosofi Lambang Angkatan Gontor 2022 Extraordinary Generation

  • Makna Nama Angkatan

    Diharapkan dari nama ini, Siswa Akhir KMI Barisan 12 Windu PMDG dapat menjadi generasi yang kuat, teguh, kukuh, tangguh, luar biasa dalam menghadapi segala cobaan di tahun yang extraordinary. Menjunjung tinggi nilai-nilai Islam, menegakkan pilar-pilar kehidupan, menjadi ummatan wasathan dan mundzirul qaum yang menyakralkan harkat peradaban, demi meraih mardhatillah.

  • Landasan ayat Al-Qur’an

وَكَذٰلِكَ جَعَلْنٰكُمْ اُمَّةً وَّسَطًا لِّتَكُوْنُوْا شُهَدَاۤءَ عَلَى النَّاسِ وَيَكُوْنَ الرَّسُوْلُ عَلَيْكُمْ شَهِيْدًا ۗ وَمَا جَعَلْنَا الْقِبْلَةَ الَّتِيْ كُنْتَ عَلَيْهَآ اِلَّا لِنَعْلَمَ مَنْ يَّتَّبِعُ الرَّسُوْلَ مِمَّنْ يَّنْقَلِبُ عَلٰى عَقِبَيْهِۗ وَاِنْ كَانَتْ لَكَبِيْرَةً اِلَّا عَلَى الَّذِيْنَ هَدَى اللّٰهُ ۗوَمَا كَانَ اللّٰهُ لِيُضِيْعَ اِيْمَانَكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ بِالنَّاسِ لَرَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ (البقرة : 143)

Artinya: 

“Dan demikian pula Kami telah menjadikan kamu (umat Islam) ”umat pertengahan” agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu. Kami tidak menjadikan kiblat yang (dahulu) kamu (berkiblat) kepadanya melainkan agar Kami mengetahui siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang berbalik ke belakang. Sungguh, (pemindahan kiblat) itu sangat berat, kecuali bagi orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah. Dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu. Sungguh, Allah Maha Pengasih, Maha Penyayang kepada manusia.” (Q.S. Al-Baqarah : 143)

  • Pesan-pesan

    Selanjutnya kami memohon do'a, semoga generasi ini dapat menjadi teladan bagi generasi-generasi yang akan datang, serta mampu meneruskan perjuangan generasi-generasi pendahulu kami.

    Dan dengan penuh kerendahan hati, sudi kiranya mendoakan kami agar dapat menjadi santri yang baik ibadah, ilmu, akhlaq, dan amalnya sehingga dapat menjadi alumni sesuai yang dicita-citakan oleh para pendiri dan para kiai.

Akun instagram resmi: bit.ly/Extraordinarygeneration

2021 Virtuous Generation 695

    Bermakna Generasi yang berbudi pekerti luhur, mengutamakan adab dan menjunjung tinggi al-akhlaq al-karimah dalam meneguhkan qiyam Islamiyah dan identitas Gontori, demi mewujudkan khairu ummah.

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

“Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.” (Q.S. Al-Qolam: 4).
إِنَّمَا بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاقِ

“Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak mulia.” (H.R. Al-Baihaqi).

    Dalam menghadapi krisis tauhid, syariah, akhlak dan adab yang terjadi pada akhir-akhir ini, nama ini menjadi doa untuk Siswa Akhir Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) 2021 agar dapat menjadi generasi shalih yang mampu mengimplementasikan panca jiwa dan moto Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) dalam totalitas kehidupan, menjadi teladan dalam pola pikir, sikap, dan tingkah laku, yang mampu beradab sebelum berilmu, serta meneguhkan qiyam Islamiyah dalam setiap pergerakannya untuk mewujudkan generasi pemimpin terbaik umat, bangsa, dan agama.

2020 Prominent Generation Angkatan Gontor (الجيل البارز) 694

A. Makna nama secara bahasa:

    Generasi yang terkemuka dalam bidang kehidupan, menonjol dalam suatu gerakan, pandai dan ulung dalam melaksanakan pekerjaan, serta memiliki banyak keutamaan.

B. Makna nama secara istilah:

    Diharapkan dari nama ini, siswa akhir 2020 dapat menjadi generasi yang berjuang pada garda terdepan dalam menjunjung tinggi nilai, ideologi, sistem, dan program-program Pondok Modern Darussalam Gontor, serta ulung dalam melaksanakannya. Mampu menjadi generasi terkemuka yang berdiri di depan sebagai teladan bagi umat islam, _mundziru-l-qoum_.

C. Landasan ayat Al Qur’an:

وَجَعَلْنَاهُمْ أَئِمَّةً يَهْدُوْنَ بِأَمْرِنَا وَأَوْحَيْنَا إِلَيْهِمْ فِعْلَ الخَيْرَاتِ وَإِقَامَ الصَّلَاةِ وَإِيْتَاءَ الزَّكَاةِ وَكَانُوْا لَنَا عَابِدِيْنَ (الأنبياء: 73)

     “Dan Kami telah menjadikan mereka itu sebagai pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami dan telah Kami wahyukan kepada mereka agar mengerjakan kebajikan, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan hanya kepada Kamilah mereka selalu menyembah.” (Q.S. Al-Anbiya: 73)

     Selanjutnya kami mohon do’a, semoga generasi ini dapat meneruskan perjuangan generasi-generasi pendahulu kami dan dapat menjadi teladan bagi generasi-generasi yang akan datang. Dan dengan penuh kerendahan hati, sudi kiranya mendoakan kami agar dapat menjadi santri yang baik ibadah, ilmu, akhlaq, dan amalnya sehingga dapat menjadi alumni sesuai yang dicita-citakan oleh para pendiri dan para kiai.

2019 Guardian Generation 693

     Yang berarti Generasi yang mengawal nilai-nilai, identitas, cita-cita, dan sistem Gontori] ️ Mengambil hikmah dari perintah Allah pada ayat:

يَا أَيُّهَا الْمُدَّثِّرُ (1) قُمْ فَأَنْذِرْ (2) وَرَبَّكَ فَكَبِّرْ (3)

Hai orang yang berkemul (berselimut), bangunlah, lalu berilah peringatan (kepada manusia) dan Tuhanmu agungkanlah, (Qs: Al-Mudatsir 1-3)

     Mengawal berarti menjaga agar tidak melenceng, tersesat, apalagi terjerumus, dengan memberikan peringatan-peringatan, nasehat, serta arahan.

     Diharapkan dari Generasi ini, dapat dan mampu mengawal umat, menegakkan nilai-nilai Islam, serta berjuang mewujudkan cita-cita Gontor dengan tekad yang bulat untuk meninggikan kalimatillah.

2018 Inspiring Generation 692

     Generasi sumber Generasi yang menginspirasi

     Gontor di umurnya yang ke - 92 terus bertahan dan berjuang mengemban amanah ummat serta membuka terobosan dalam JIHAD TARBAWY

     _Amaanatul ilmi wal ulama'_

     Maka sebagai Generasi yang Menginspirasi Siswa akhir KMI 2018 diharapkan mampu melaksanakan tugasnya sebagai perekat ummat, pelopor kehidupan islam, menjadi Lentera Peradaban Hakiki untuk bangsa dan agama serta dapat menjadi teladan bagi generasi-generasi setelahnya.

واجعل لي لسان صدق في الآخرين (الشعراء [٢٦]:٨٤)

     "Dan jadikanlah aku orang yang punya nama baik bagi generasi-generasi yang akan datang."_ (QS Asy syuara' [26]:84) pembangkit inspirasi dan motivasi,

2017 Survival Generation 691

    Adalah Generasi yang hidup kekal, penuh dengan perjuangan. Bahwasanya GONTOR yang hidup lebih dari 90th, telah merasakan pahit manisnya perjuangan, menghadapi gesekan, benturan, menerima puja dan puji. Di era awal 90th umur GONTOR, akan tercetak generasi yang bisa bertahan hidup dengan segala pengorbanan, kuat serta tahan banting.

2016 Identity Generation 690


bermakna


2015 Prestigious Generation 689

Marhalah 689

2014 Smart Generation 688


2013 Dynamic Generation


2012 Pionner Generation


2011 Idealist Leaders Generation


2010 Prime Generation


2009 Paragon Generation


2008 Youth Generation (Forza Pholadelphia)


2007 Maziero Razienera


2006 Glorius Naturalist


2005 Blitza Remigion


2004 lez blues azzavirtium


2003 Za Grenada de natura


2002 Black Moralis



2001 Red Century


2000 La Viola



1999 Akhir: Spinkers



1999 Awal: Blue Generation



1998 Dzunnuroin



1997 MARS97 (Marhalah Aswad '97)


1996 alumni emas (sebelumnya primavera)



1995 Dragon



1994 Egypt



1993 Concord



1992 Country



1991 Classic



1989 Komsol 89



1990 GO'90



1988 Gonsus 88



1987 Marhalah Gontor (Mohon dilengkapi)



1986 Connection



1985 Alumni 2 Zaman



1984 Algodam



1983 Classix 83



1982 Lapinggo



1981 Sikago



1980 Sosyc



1979 Siska



1978 Tovasa



1977 G77




Perhatian :


Bagi yang mengetahui detail lengkap harapnya untuk melengkapi di kolom komentar, dan jika ada kesalahan jangan sungkan untuk mengisi komentar di bawah untuk melengkapi informasi ini.
Terimakasih

Tag:

Nama angkatan islami dan artinya

Nama angkatan bahasa Arab dan artinya

Nama angkatan aesthetic bahasa Arab

Nama angkatan dalam bahasa Arab

Nama angkatan santri

Nama angkatan pondok keren

Nama angkatan untuk santri

Nama agkatan dan filosofinya

Nama angkatan Arab

Nama angkatan keren bahasa Arab

Nama kelas keren bahasa Arab

Nama Marhala keren

Nama angkatan sekolah yang keren dalam bahasa Arab dan artinya

Nama angkatan yang bagus dalam bahasa Arab

Nama singkatan santri

Nama angkatan sekolah dalam bahasa arab

Rekomendasi nama angkatan pondok




4 comments for "Arti Nama Angkatan Di Pesantren Gontor"

  1. apa makna angka dibelakang nama marhalah ust? misal 696 dstnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 696
      6 di awal nya itu kelas, sedangkalh 96 di akhir itu tahun 1996 itu sebelum tahun 2000, semakin kemari disesuaikan dengan tahun berdirinya gontor
      Jadi semisal 587 angka 5 itu kelas 5, sedangkan 87 itu tahun berdiri gontor, jadi 587 yaitu kelas 5 di tahun 87 gontor.

      Delete
  2. 6 itu kelas atau tingkatan terakhir (3 sma) sedangkan 96 maksudnya itu angkatan ke 96

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum tahun 2000
      96 disitu magsudnya tahun 1996, setelah tahun 2000 dua angka terakhir mengikuti umur pondok dihitung dari 1926

      Delete

Berkomentarlah bila ada pertanyaan atau kebingungan dengan kata yang beretika