Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Hal yang Dilarang Dibawa Ke Pesantren Gontor

Daftar Isi [Tampil]

Sudah bukan menjadi pembicaraan umum lagi PMDG (Pondok Modern Darussalam Gontor) Ponorogo dengan sistem dan nilainya memiliki peraturan-peraturan yang sudah tak dapat di tawar-tawar lagi dan itu mesti di apresiasi karena untuk menghadirkan dan mengaplikasikan nilai tak semudah saat merencanakan.

10 Hal yang Dilarang Dibawa Ke Pesantren Gontor
10 Hal yang Dilarang Dibawa Ke Pesantren Gontor

Bagi walisantri dan calon pelajar yang akan pergi dan masuk untuk mendaftarkan diri ke pesantren gontor hendaknya banyak membaca informasi-informasi seputar Pesantren Gontor itu sendiri, agar ketika nantinya siap untuk berangkat tidak ada yang perlu di khawatirkan kembali.

Di sini kami akan memberikan info 10 Hal Yang Tidak Boleh Di Bawa Ke Pesantren Gontor, untuk walisantri harapnya memerhatikan barang-barang anaknya sebelum hendak berangkat karena sangat disayangkan jika sudah membawa barang-barang namun tak digunakan dan akan kembali di bawa pulang ke rumah, atau tak sengaja terselip dan terbawa ke lemari santri nantinya akan di berikan sanksi bagi sang anak jika ditemukan bagian keamanan santri atau bagian pengasuhan santri.

Berikut 10 Hal Yang Tidak Boleh Di Bawa Ke Pesantren Gontor :

1. Jeans (levis)


Celana dengan berbagai macam jenis jeans atau biasa di kenal dengan levis tidak dapat dipakai dalam hal apapun dalam kegiatan apapun, walaupun hanya di gunakan saat tidur, entah jeans panjang ataupun pendek, dan bagian keamanan jika menemukannya tidak ragu-ragu untuk merampasnya meskipun dalam keadaan tersimpan.

2. Baju hitam


Tidak hanya baju yang berwarna hitam, untuk semua baju yang berwarna mencolok seperti kuning, pink, dan tidak di perkenankan membawa baju-baju yang berbau politik juga kedaerahan.

Adapun jika terbawa ketika nanti sesampainya di Pesantren gontor bisa melihat-lihat baju yang bagaimana yang di izinkan untuk di bawa, kaos dengan gambar yang besar pun tidak di izinkan, namun jangan khawatir, jika memang kehabisan  Pondok Pesantren Gontor sudah menyediakan sendiri koperasi pelajar dengan segala hal yang diperlukan santri, atau jika memang mempunyai saudara yang sudah pernah mengenyam pendidikan di Pesantren Gontor ada baiknya memintanya untuk menyortir baju-baju yang di izinkan untuk di pakai di Pesantren.

3. Pisau dan alat masak lainnya


Terkecuali makanan, alat masak seperti pisau, rice cooker dan penggorengan sudah pasti tidak di izinkan, karena di pondok sendiri untuk perihal makan semuanya sudah menjadi tanggungjawab pondok, santri hanya di bolehkan membawa piring, garpu atau sendok, juga cangkir atau gelas pribadi.

Untuk perlengkapan makan pun jika santri lupa membawanya, koperasi pelajar sudah menyediakannya, jadi tidak perlu khawatir.

4. Tas Sekolah


Jika untuk membawa barang-barang untuk keperluan pulang dan pergi santri ke pondok tidak perlu ragu, untuk tas sendiri bukan termasuk barang yang di larang, hanya jika membeli untuk keperluan santri berangkat ke kelas sangat di sayangkan, karena di Gontor dominan santri membawa keperluan belajarnya ke kelas dengan tanpa tas.

5. Setrika


Ada keunikan tersendiri mengapa santri Gontor dan yang lainnya tidak memiliki setrika namun tetap berpakaian rapi, santri dengan segala kreatifitas dan inovasinya dapat membuat setrika nonlistrik,
Heater (pemanas air listrik) dan setrika memang tidak di perkenankan untuk santri, dan bagi santri-santri baru jika memang belum bisa merapihkan baju tanpa di setrika seiring berjalannya waktu semua kan teratasi.

6. Hewan peliharaan


Bagi calon pelajar yang memang memiliki hewan dan binatang kesayangan memang di perlukan keikhlasan untuk meninggalkannya sementara waktu, demi kefokusan santri dan lancarnya nilai pendidikan santri sendiri di larang membawa hewan peliharaannya ke pondok.

7. Komik


Tak hanya komik untuk buku-buku yang mengandung unsur-unsur yang tak berpendidikan jika di temukan oleh pihak keamanan dan pengasuhan santri maka santri akan mendaparkan sanksi, maka bagi wali dan calon pelajar demi untuk lancarnya masa-masa santri dengan kegiatannya simpan lah komik di rumah saja.

8. Perkakas


Palu, paku, gergaji jika memang santri membutuhkan maka ada bagian yang nanti jika membutuhkan santri dapat meminjamnya, jadi lupakanlah tentang membawa perkakas dan lainnya karena semua hal itu jika memang betul-betul membutuhkannya bisa meminjam pada salah satu bagian di pondok

9. Kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri)


Memang ada pengecualian bagi santri gontor yang di izinkan membawa kartu ATM, namun santri yang berdomisili berasal dari dalam negeri tidak di perkenankan membawanya, adapun santri luar negeri karena kebutuhannya dan itupun ada yang di titipkan pada wali pembimbing konsulat yakni pembimbing daerahnya masing-masing.

Untuk santri berdomisili asal dalam negeri semua pengiriman uang melalui wesel dan pos yang nanti setiap harinya akan ada nama-nama di depan bagian Administrasi bagi santri yang mendapat kiriman.

10. Kamera


Jangan risau jika tak dapat mengabadikan moment dengan kamera sendiri, di pondok sudah ada bagian photografi yang bagiannya mengambil dokumentasi dari setiap kegiatan santri.

Kamera dan sejenisnya memang khalayak luas sudah mengerti bahwa gontor sendiri melarang santri-santrinya membawa elektronik tak terkecuali flashdisk dan mp3.

Jadi jika teman-teman ingin masuk Pesantren Gontor siapkanlah Hati dan Ikhlaskan semuanya, semuanya pasti kan tergantikan jika bersungguh-sungguh.
Apa yang kau cari?
Kata ini yang akan menyambut kalian saat tiba di Pesantren Gontor,
Semua mesti ada pengorbanan, dan pengorbanan itu proses.
Mata air selalu muncul di tanah yang bergejolak.

Demikian 10 Hal yang Dilarang Di Bawa Ke Pesantren Gontor semoga dapat menjadi sedikit gambaran dari sekian peraturan-peraturan yang telah di tetapkan.

2 comments for "10 Hal yang Dilarang Dibawa Ke Pesantren Gontor"

  1. Assalaamu'alaykum Ustadz...izin bertanya bolehkah kami walsan mengirim minyak tanah utk keperluan pengobatan penyakit gatal di kulit? (jarban). Krn sdh berulang kali dikirim obat dr apotik si jarban sll hilang timbul dan lama sembuhnya, tetapi bila dg mintak tanah (pengalaman ank tetangga) minyak tanah lbh efektif utk pengobatan jarban. Krn minyak tanah jg adln perlengkapan dapur, apakh ank2 boleh meminta/membeli minyak tanah a ke bag. dapurbatau bolehkah kami mengirimnya dr daerah masing2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya bila minyak tanah bisa minta ke bagian dapur bu, atau bisa juga melalui bag kesehatan yang akan menyampaikan ke bagian dapur.

      Delete

Berkomentarlah bila ada pertanyaan atau kebingungan dengan kata yang beretika