Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Calon Alumni Gontor 2021 Virtuous Generation

Daftar Isi [Tampil]

UPDATE :

  1. Mengenal Virtuous Generation
  2. Album Lagu Virtuous Generation

     Menjadi alumni memang menjadi harapan orang tua murid, namun tidak cukup sampai di situ harapan utama orang tua kepada anaknya semoga menjadi anak yang bermanfaat bagi keluarga, masyarakat begitupun agama.


Calon Alumni Gontor 2021 Virtuous Generation
Lambang angkatan Gontor 2021 Virtuous Generation

     1 Syawwal menjadi hari lahir semua angkatan di Pondok Modern Darussalam gontor, dimana di deklarasikan secara serentak di semua pondok cabang, mulai dari Gontor pusat hingga ke cabang-cabangnya

    Virtuous Generation menjadi nama angkatan alumni Gontor tahun 2021 yang akan datang, melanjutkan estafet sebelumnya dari Prominent Generation yang berarti Generasi yang terkemuka dalam bidang kehidupan, menonjol dalam suatu gerakan, pandai dan ulung dalam melaksanakan pekerjaan, serta memiliki banyak keutamaan.

     Jika menurut penulis nama-nama angkatan terkadang sejalan dengan kebutuhan zaman atau biasa disesuaikan dengan permasalah yang dominan di tahun itu sendiri, misalnya untuk saat ini kita melihat dan mendengar turunnya budi pekerti, adab dan akhlak dari sebagian kalangan para pemuda dan pemudi, khususnya indonesia secara khususnya.

     Memang tidak tahu pasti apakah pondok memang menyesuaikan nama dengan lingkungan Indonesia, namun yang pasti nama angkatan adalah suatu doa, harapan, juga motivasi bagi angkatan itu tersendiri untuk nantinya sebagian besar dapat mencapai nama yang di berikan pondok atau pimpinan untuk siswa akhir ini.

     Yang kemudian tibalah Calon Alumni Gontor tahun 2021 dengan nama angkatan Virtous Generation di umur Pondok Modern Darussalam Gontor yang ke-95 Tahun.

     Virtous Generation sendiri berartikan Generasi yang berbudi pekerti luhur sebagai, mengutamakan adab dan  menjunjung tinggi al-akhlaq al-karimah dalam meneguhkan qiyam Islamiyah dan identitas Gontori, demi mewujudkan khairu ummah.
Dengan berlandaskan Al-Qur'an:
.
وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

“Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.” (Q.S. Al-Qolam: 4).

إِنَّمَا بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاقِ

“Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak mulia.” (H.R. Al-Baihaqi).

     Dalam menghadapi krisis tauhid, syariah, akhlak dan adab yang terjadi pada akhir-akhir ini, nama ini menjadi doa untuk Siswa Akhir Kulliyyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) 2021 agar dapat menjadi generasi shalih yang mampu mengimplementasikan panca jiwa dan moto Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) dalam totalitas kehidupan, menjadi teladan dalam pola pikir, sikap, dan tingkah laku, yang mampu beradab sebelum berilmu, serta meneguhkan qiyam Islamiyah dalam setiap pergerakannya untuk mewujudkan generasi pemimpin terbaik umat, bangsa, dan agama.

     "Dan dengan segala kerendahan hati, mohon doakan kami agar dapat meneruskan estafet perjuangan generasi-generasi pendahulu kami dan dapat menjadi teladan bagi generasi-generasi yang akan datang nanti" ucapnya di akun instagram angkatan Virtous Generation.

      Tak lupa lambang angkatan, setiap angkatan di Pondok Modern Darussalam Gontor memilki lambang kebanggaannya tersendiri, dan untuk lambang Virtous sendiri mengandung makna sebagai berikut :

  1.  Mahkota Emas Lafadz Allah & Tulisan 2021:
Melambangkan kebesaran Allah SWT yang selalu berada di atas seluruh makhluk ciptaannya dan tulisan 2021 sebagai tanda generasi yang dilahirkan pada Tahun 2021.

  2.  Lafadz Emas Muhammad & Tulisan 695:

Melambangkan kehormatan Nabi Muhammad SAW sebagai utusan Allah yang menjadi teladan seluruh umat manusia dan tulisan 695 sebagai identitas Siswa Akhir Kelas 6 Pondok Modern Darussalam Gontor yang ke-95.

  3.  Berlian Biru di dalam Mahkota:

Melambangkan 3 pilar Islam yang selalu ditegakkan dalam setiap nafas kehidupan, yaitu: Islam, Iman dan Ihsan.

  4.  Berlian Perak di dalam Lafadz Muhammad:
 Melambangkan 4 Moto Pondok Modern Darussalam Gontor yang menjadi poros kehidupan, yaitu: Berbudi Tinggi, Berbadan Sehat, Berpengetahuan Luas dan Berfikiran Bebas.

  5.  Berlian Biru Gelap dalam Perisai:
Melambangkan implementasi 5 Panca Jiwa Pondok Modern Darussalam Gontor yang diterapkan dalam seluruh aspek pergerakan, yaitu: Keikhlasan, Kesederhanaan, Ukhuwah Islamiyah, Berdikari, Kebebasan.

  6.  2 Lempengan Emas yang terikat Bendera Gontor:
Melambangkan Ilmu dan Akhlaq yang dipegang teguh oleh setiap individu santri generasi Pondok Modern Darussalam Gontor ini.

  7.  Pena Emas di antara Kitab Suci Al-Qur'an & Hadits:
Melambangkan cita-cita luhur "Virtuous Generation", yaitu mewujudkan generasi terbaik Ummat Islam dengan berlandaskan Al-Qur'an dan Sunnah.

 8.  Bendera Gontor (Darussalam) di atas Bola Dunia:
Melambangkan generasi yang dilahirkan oleh Pondok Modern Darussalam Gontor ini dapat mempertahankan identitas-identitas Islami, menjadi mundzirul qoum dan bisa mewarnai dunia.

  9.  Ukiran Almamater 2021:
Melambangkan do'a yang tulus dari seorang Kyai, agar nantinya para santri generasi ini dapat lulus menjadi alumni yang khusnul khatimah.

  10.  Perisai Berbentuk Gear:
Melambangkan pergerakan dinamis generasi ini yang akan selalu tercermin dalam setiap kegiatan di dalam kehidupan kini dan nanti.

  11.  Lafadz Syahadat di atas langit bola dunia:
Melambangkan ikrar suci yang menyatakan bahwa di atas hanya Allah di bawah hanya tanah, jasad melekat di bumi tetapi jiwa berhubungan langsung dengan Allah.

      Ternyata di Tahun bersamaan lahirnya angkatan Virtous Generation kyai Hasan Abdullah sahal pun lahir tepatnya 24 Mei, menjadi kelebihan sendiri dan kebanggaan bagi siswa akhir tahun 2021.
Berikut ucapan yang di lansir dari akun instragram untuk Ustadz Hasan :

     Mengingat semangat juangmu dalam menitih jalur perjuangan yang tak kunjung padam, tiada usai mebuat jantungku seringkali terasa bergetar tak menentu.

     Menggambarkan idealismemu dalam mendidik santri-santrimu, layaknya mata pedang yang tak mudah dipatahkan, kokoh, tajam dan kuat, sehingga diriku seakan tak mau berhenti belajar kehidupan darimu.

     Mendengar untaian kalimat nasehatmu membuat seluruh kata-kata wasiat itu teringat, terngiang, terpatri dalam sanubariku, sehingga diriku seakan selalu melihat semangatmu di setiap hari-hariku.

     Mempelajari pengorbananmu yang tak dapat dibeli uang dan waktu selalu berhasil membuat diriku terdiam sejenak, hingga akhirnya tak dapat menahan isak tangis haru dalam hatiku.

     Kiai ku, manis pahit perjuanganmu selalu tak berhenti menjadi hikayah, bacaan, bahasan, pedoman dan teladan bagi para generasi pejuang masa depan yang saat ini siap berjuang bersamamu.
Satu pesan dari ku untukmu...
Sehat selalu Kiaiku 😭...

    Sungguh Generasi yang penuh makna semoga dapat menjadi nilai yang menjiwai seluruh pergerakan angkatan siswa akhir ini.

Tag:
Virtuous Meaning

1 comment for "Calon Alumni Gontor 2021 Virtuous Generation"

  1. Assalaamu:alaykum..izin bertanya Istadz....jadi yg dimaksud VIRTUOUS GENERATION itu adl ank2 yg mendaftar di th 2021 atau yg lulus th 2021?

    ReplyDelete

Berkomentarlah bila ada pertanyaan atau kebingungan dengan kata yang beretika