Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ektrakurikuler Santri Pondok Pesantren Gontor

Daftar Isi [Tampil]

Narasi


     Jika dalam kegiatan ataupun acara-acara dinamika santri sering di katakan oleh Ustadz-Ustadz "Santri Gontor tidak hanya bisa mengaji dan memakai peci tapi harus juga dapat berkreasi dan berinovasi" Kurang lebih narasinya seperti itu.

Ektrakurikuler Santri Pondok Pesantren Gontor
Ektrakurikuler Santri Pondok Pesantren Gontor 

     Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor mendidik santri-santrinya tidak hanya sekedar pada lingkup belajar mengajar di dalam kelas saja, di luar kelas pun proses pendidikan dan pembetukan karakter santri pun terjadi.

    Ada banyak sekali kegiatan-kegiatan santri Gontor di luar kelas atau biasa kita sebut ekstrakuriluler, dalam pembicaraan santri sendiri biasa mengistilahkan dengan kata firqoh (klub), syu'bah (ketrampilan), ataupun wihdah(seperti halnya gudep pramuka), yang demikian kegiatan-kegiatan nonakademik pun tak luput dari nilai pendidikan mental di dalamnya.

      Sebagai media dan juga wadah pengembangan bakat santri, ektrakurikuler di gontor ini banyak sekali santri mengambil manfaat, karena di dalamnya santri tidak hanya mengembangkan bakat-bakatnya, jauh dari itu, perputaran roda keorganisasian tak pernah lepas, pengkaderannya pun turut serta dalam dinamika itu sehingga ektrakurikuler itu tetap exis.

     Tak jarang santri sering mengadakan perkumpulan rapat diantara sesama klubnya guna mengevaluasi kekurangan-kekurangan yang ada sehingga memaksa santri untuk berkembang secara bakat dan secara kepribadian.

     Ada bahkan sebagian anggota khusus dari ekstrakurikuler 1 sampai 2 orang yang di berikan amanah untuk mengurusi di berikan kepercayaan dan tanggung jawab bagaimana klub tersebut dapat berjalan lancar secara organisasi dan pelatihannya sehingga di berikan izin untuk tinggal di kamar klubnya.

    Adapun Ektrakurikuler yang ada di Pondok Modern Darussalam Gontor sebagai berikut :

Jam'iyyatul Huffaz

    Dari namanya sendiri sebagian teman-teman sudah dapat menebak, jam'iyyatul huffaz adalah wadah bagi santri-santri yang menghafal Al-Qur'an, memurojaah hafalannya ataupun ingin menghafalnya, tidak sedikit dari mereka yang berasal dari Pondok Pesantren Tahfidz Al-Muqoddasah letaknya tak jauh dari Pesantren Gontor sehingga biasanya dalam sebulan mereka izin untuk berkunjung ke sana dalam keperluan setoran dan lain sebagainya.

Jam'iyyatul Qurra

    Di sinilah media wadah santri yang ingin belajar dan mengembangkan ketrampilan membaca Al-Qur'an atau biasa di sebut dengan istilah Qiraat, di Gontor Pusat Jam'iyyatul Qurra kediamannya tepat di belakang Masjid Jami', Biasa yang membaca Al-Qur'an di masjid saat menjelang shubuh dan sebelum shalat begitu pun saat Adzan merekalah yang turut andil berkumandang.

Jam'iyyatul Khitobah

    Jika santri-santri sering mengikuti kegiatan Muhadhoroh(Kegiatan Public Speaking) di setiap hari kamis dan ahad di kelas-kelas, ternyata ada sebagian santri yang secara khusus berfokus pada pengembangan berpidato atau public speaking, inilah jam'iyyatul khitobah wadah santri yang fokusnya pada berpidato dalam 3 Bahasa yakni Bahasa Arab, Inggris dan Indonesia. Mereka juha biasanya datang ke kelas-kelas dimana santri yang lain sedang mengikuti kegiatan berpidato guna menjadi tauladan dan contoh yang lain dalam berbicara di hadapan audience.

    Namun di khususkan untuk sebagian kelas 5 yang lain, yang gilirannya bukan mendampingi dan mendidik santri adik kelasnya untuk berlatih dalam diskusi, jadi dikala kegiatan muhadhoroh berlangsung mereka kelas 5 ada yang berdiskusi dan ada yang membimbing santri di kelas berpidato mereka masing-masing sudah di atur bagiannya oleh bagian organisasi pengajaran.

Klub Bahasa

    Ini yang menjadi salah satu keunggulan tersendiri, namun harus di jadikan motivasi bagi masing-masing santri, ada beberapa klub bahasa di Pesantren Gontor yang bisa menjado wadah santri yang ingin sekali mengembangkat bakat bahasanya, biasanya kegiatannya di pagi dan sore hari, mereka pun jika ingin mendapatkan sumber-sumber buku bacaan dan latihan secara audio visual ada pendopo yang menyediakan itu semua.

    Setiap tahun gontor selalu mengadakan studi tour keluar negeri nah cocok bagi yang berbakat bahasa jika ingin memgikuti kegiatan ini, kurang lebih 10 hingga 20 santri saja yang di Izinkan sehingga untuk mengikuti Studi tour di adakanlah ujian terlebih dahulu, yang mendapat nilai 3 terbesar biasanya di berikan studi tour tanpa biaya alias gratis.

Jurnalistik

    Penerbitan buletin dan majalah dinding menjadi kegiatannya pastinya sebelum itu dalam pelatihan jurnalistik ini santri-santri di ajarkan terlebih dahulu bagaimana cara menulis beserta pedoman tanda bacanya, sudah banyak alumni Pesantren gontor yang menjadi penulis sebagai contoh hasilnya adalah buku novel 5 menara adapun dalam dunia jurnalistik ada kompasiana yang salah pendirinya adalah alumni Pesantren Gontor, dahulu nama club penulisan adalah Darussalam Pos.

Kursus Mengetik

    Sekilas memang hal kecil, namun di sini akan belajar banyak hal yang tidak di sadari saat masih santri, surat demi surat mereka dalami, bagaimana pembuatannya secara resmi, tak jarang mereka di rekrut panitia kegiatan apapun, begitu pun saat waktunya menjadi bagian OPPM (Organisasi Pelajar Pondok Modern) biasanya mereka mendapatkan bagian sekretaris.

Drumband MBGND

    MBGND (Mercing Band Gema Nada Darussalam) beranggotakan banyak, ini adalah anak emasnya Pesantren Gontor, Fasilitas yang memadai dan lapangan yang nyaman mampu membuat Drumband ini terus terlatih dan berkembang.

Kursus Komputer

    Saat ini sudah sangat banyak sekali fasilitas di Gontor salah satunya Komputer, ada DCC (Darussalam Computer Center) sebagai media santri yang suka dan ingin mengembangkan bakatnya dalam dunia komputerisasi, santri tidak akan kekurangan komputer di sini karena cukup banyak yang di sediakan.

Seni Hadroh Darussalam (SENHADA)

Bagi yang suka mengikuti Hadroh hadroh fasilitas sudah ada, mereka biasa berlatih di gedung belakang masjid tepatnya lantai atas.

Kursus Melukis (Limit)

    Limit (Lintas Imajinasi Santri) Inilah salah satu klub ketrampilan yang mendapatkan izin dari pondok agar sang pengurus 1 hingga 2 anggotanya tinggal di tempat kursus, ada banyak pelatihan mengenai ini, seni menggambar wajah, tulisan, pemandangan, mereka tak hanya melukis skala kecil bahkan sebagian mereka ikut andil dalam mendekorasi kegiatan-kegiatan hingga kegiatan besar seperti Panggung Gembira, mereka pun memiliki megazine dimana mereka menampilkan hasil karyanya di sana.

Kursus Kalighrafi (Aklam)

    Aklam (association kaligrafer Darussalam) sama halnya kursus melukis mereka juga ada yang tinggal di kantornya dan memiliki megazine sendiri.
Tidak hanya belajar tentang kaligrafi di sini santri di ajarkan juga bagaimana membuat ornament begitupun warna, kamar mereka bersampingan dengan kursus melukis tepatnya di gedung putih 17 Agustus.

Musik Darussalam Musicians(DAMS)

    Bagi santri yang suka band DAMS (Darussalam Musician) mewadahi bakat-bakat santri ini, tempat latihannya di GOR, semua alat musik band telah tersedia, dan telah banyak juga karya-karya yang tercipta, mulai 2014 Pesantren Gontor telah memfasilitasi Studio Musik Rekaman, sehingga memberikan santri peluang lebih untuk berkarya lebih.

Teater ARMADA (Association of Reanimation Moslem Artist Darussalam)

    Jika ingin belajar lebih banyak teater, ARMADA media wadah santri-santri yang ingin mengembangkan itu, banyak sekali bakat-bakat yang di kembangkan di ARMADA puisi, dance, dan lain sebagainya.

Beladiri PERBEDA (Persatuan Beladiri Darussalam)

    Tidak hanya di bagian kursus-kursus, santri yang ingin melatih beladiri bisa bergabung di Perbeda, banyak sekali pelatihan mulai dari dasar hingga menjadi pelatih.

PERSADA (Persatuan Senam Darussalam)

    Tidak perbeda yang sering melatih jurus, di PERSADA santri di ajarkan bagaimana senam dan pelenturan badan, begitupun senam lantai, layaknya parkour di sini santri juga dapat belajar lebih seperti akrobatik dan lain-lain.

Tenis Meja

    Rayon atau asrama yaman lantai 4 biasa di jadikan santri-santri sebagai sarana berlatih tenis meja, ada beberapa meja yang dapat di gunakan, jadi santri hanya tinggal datang dan berlatih, adapun yang mau mengikuti klub lebih baik karena lebih terorganisir.

Badminton bulu tangkis

    Untuk klub badminton ada 2 klub di Pesantren Gontor yang pertama klub D'king dan yang satu lagi Young Star, bagi santri-santri yang ingin berlatih di lapangan baiknya ikut dalam salah satu klub tersebut, namun jika ingin bermain dimana saja lapangan selain di Gor untuk bermain badminton cukup untuk santri yang ingin bermain.

Kursus Handycraft (GASTRADA)

    GASRADA (Gabungan Santri Terampil Darussalam) menjadi wadah santri-santri Gontor yang ingin mengembangkan ketrampilannya dalam bidang ide ketrampilan dan kesenian seperti bermain lampu, membuat hiasan, janur, dan yang lain yang berbentuk kreatif.

Bola Voli 

    Lapangan utamanya di depan masjid samping gedung baru shigor, ada 2 klub dalam olahraga voli yakni klub safari dan passer, terkadang juga mereka berlatih di GOR pesantren Gontor.

Sepak Takraw STADA

STADA (Sepak Takraw Darussalam) lapangan utamanya bersampingan dengan lapangan voli, cukup hebat dalam bermain hingga bisa salto sembari menendang.

Bola Basket

Ada 6 Klub basket di Pondok Modern Darussalam Gontor, dan setiap klub hampir memiliki lapangannya masing-masing klub tersebut ialah Hartop BBC, Rajawali, Exotic, Lakers BBC, Golden Step dan Venus, dan untuk lapangannya ada di Gor, 2 lapangan basker di depan gedung Al-Azhar yang biasa gedung untuk bertamu, dan 2 lapangan lagi di depan gedung Rabithah.

Bola Futsal

Untuk bola Futsal sendiri semakin ke sini semakin banyak klub, diantaranya klub Futsal Famili Sporting Atomic yang berlatih di samping Gor, FFC (futsal Fans Club) di depan Rabithah, various fc, dan Akademi fc yang sering berlatih di lapangan sebelah barat lapangan hijau gontor dari arah Masjid Jami'.

Sepak Bola

Semakin beranjak usia Pesantren Gontor semakin bertambah fasilitasnya dan saat ini Pesantren Gontor telah memiliki Stadion Lapangan bola sendiri, semakin semangat santri-santri berlatih dan bermain, ada 4 klub sepak bola di Pesantren Gontor yaitu Nepura Fc, Darma jaya Fc, Meteor santri dan Darussalam Fc.

Keseluruh klub sepak bola ini telah berumur seperti halnya Nepura Fc yang di dirikan pada tahun 1967.

Science

Adapun penelitian sains Gontor telah memberikan fasilitas yang di butuhkan dalam penelitian yang berada di gedung 3 lantai tepatnya di depan gedung rabithah.

Dan Ektrakurikuler yang terakhir ada

kepramukaan

Setiap tahun Pondok Pesantren Gontor selalu mengadakan Jambore LP3 sebagai rentetan acara Khutbatul 'Arsy, sebagai ajang silaturahmi dan perlombaan antara pondok alumni se-Indonesia.
Biasa kawanan pramuka menyebutnya Jamrana,

Untuk saat ini ada 12 Gudep (Gugus Depan)  di Pesantren Gontor.

Adapun ANSTAK, DKK dan PASGA asisten koordinator namun skillnya jangan di ragukan.

Post a Comment for "Ektrakurikuler Santri Pondok Pesantren Gontor "